Kamis, 07 Juni 2012

Proyek Sanitasi Pengadaan Sarana Air Bersih di Kayawu Sudah Dimulai dan Diawali Dengan Pembersihan Lokasi

Hari ini Proyek air bersih yang nantinya akan memenuhi kebutuhan air bersih di Kelurahan Kayawu akan segera direalisasikan. Hal ini ditandai dengan adanya pekerjaan awal di lokasi sekitar mata air yang akan dijadikan sumber air bersih terbesar di Kayawu yaitu pekerjaan pembersihan lokasi di sekitar mata air tersebut. Di lokasi tersebut telah dibangun beberapa bak air yang sudah ada, tapi sayangnya beberapa bak air tersebut sudah tidak terawat. Tetapi dengan adanya proyek sanitasi ini maka akan terjawab sudah kebutuhan air bersih dari warga masyarakat Kelurahan Kayawu. 


Kegiatan pembersihan lokasi ini dilaksanakan oleh tim kerja yang ditunjuk oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Tomohon sebagai pelaksana pekerjaan. Petugas pelaksana pekerjaan tersebut setelah melapor di Kantor Kelurahan, langsung diantar ke lokasi didampingi oleh Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan ARIE MANOPPO dan Kepala wilayah Ligkungan 3 LEXI PAAT dibawah pimpinan Sekretaris Kelurahan Kayawu EDI MEIDI MONINGKA, S.Si. Tim yang ditugaskan ini melaksanakan pemantauan lokasi sekaligus mendampingi kedua pekerja yang sudah akan memulai pekerjaan pembersihan lokasi proyek sanitasi ini.






Setelah sampai di lokasi, Tim dari Kelurahan langsung mengarahkan petugas untuk melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk yang ada. Dalam pemantauan kami ternyata bahwa salah satu faktor terhambatnya aliran air sehingga tidak dapat menjangkau sampai ke titik sasaran di dalam pemukiman penduduk adalah banyak warga masyarakat yang tidak bertanggungjawab dengan sengaja merusak dan melobangi pipa-pipa yang melintas di area dekat pemukiman bagian atas. Ada saja tindakan pengrusakan pipa-pipa aliran air yang sudah diputus sehingga seluruh debit air tidak lagi mengalir terus ke sasaran melainkan sudah dialirkan langsung ke rumah-rumah penduduk di sekitar perpipaan tersebut. Inilah faktor penghambat ketersediaan air bersih sehingga tidak lagi menjangkau sampai ke bagian bawah di pemukiman penduduk Kayawu.




















Sangat disayangkan tindakan warga tersebut sehingga dikategorikan perbuatan yang merugikan kepentingan umum dan hanya mementingkan kepentingan pribadi. Dengan dasar inilah sehingga kami mengupayakan untuk regabilitasi sarana air bersih ini demi keamanan agar tindaakan seperti itu tidak akan terjadi, maka akan diadakan penggantian pipa-pipa induk dengan pipa besi. Hal ini dimaksudkan agar keserakahan warga masyarakat yang tidak bertanggungjawab itu tidak akan sampai terjadi lagi, karena tindakan seperti itu sangat merugikan banyak orang.


Selain penggantian pipa-pipa induk juga akan dibangun satu bak penanmpungan yang akan berfungsi sebagai tempat pembagian air sehingga dari bak induk tersebut akan dialirkan sesuai dengan titik sasaran sampai ke pemukiman penduduk dengan memanfaatkan kran-kran air dan hidran umum yang sudah tersedia di sekitar pemukiman. 

Hal ini sangat membutuhkan dukungan dan topangan warga masyarakat Kelurahan Kayawu melalui dukungan moril dengan tidak menghambat proses pekerjaan sampai selesai nanti. Pihak Pemerintah Kelurahan menghimbau warga masyarakat untuk dapat membantu dalam pelaksanaan kegiatan proyek ini sampai selesai agar kebutuhan ketersediaan sarana air bersih di Kelurahan Kayawu akan dirasakan pula oleh segenap warga masyarakat sampai ke pelosok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar