Senin, 03 September 2012

Kayawu Akhiri Rangkaian Kegiatan Sepanjang Bulan Agustus 2012

Sengan berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan terprogram di bulan Agustus 2012, maka pada tanggal 1 September 2012 lalu Pemerintah dan segenap elemen masyarakat Kelurahan Kayawu telah melaksanakan penutupan seluruh rangkaian kegiatan sepanjang bulan Agustus 2012 yang ditandai dengan dilaksanakannya Ibadah Stukur yang dilayani oleh Pdt. Maxi Kalengkian, S.Th. Adapun rangkaian acara yang digelar sabtu malam tersebut sesuai dengan agenda dari paitia adalah Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan Mahasiswa KKN UNIMA 2012 di Kelurahan Kayawu. Kevin Tando selaku Ketua Panitia Kegiatan dalam Laporannya menjelaskan secara rinci menyangkut seluruh kegiatan yang telah diselenggarakan oleh panitia yang beranggotakan mahasiswa KKN UNIMA dan generasi muda Kelurahan Kayawu.
Dalam laporan tersebut dijelaskan program KKN yang terlaksana diantaranya :
a. Program fisik 
Dalam program ini mahasiswa KKN UNIMA telah berhasil menyumbangkan 1 (satu) set perangkat Komputer yang pada dasarnya perangkat ini dapat digunakan untuk membantu penyelenggaraan administrasi di Kantor Kelurahan Kayawu yang diharapkan akan meningkatkan pelayanan yang prima kepada masyarakat Kelurahan Kayawu.
b. Program Nonfisik
Dalam program ini, mahasiswa KKN UNIMA ditugaskan untuk melaksanakan pemutakhiran database Kelurahan Kayawu. Sepanjang pelaksanaan program ini, pemerintah Kelurahan Kayawu telah menyiapkan instrumen pengumpulan data yang terdiri dari 84 item yang harus diisi. Instrumen ini langsung ditanyakan kepada masyarakat dan selanjutnya langsung dverifikasi dan diinput dalam program aplikasi database Kelurahan Kayawu yang aplikasinya telah disiapkan oleh Kementrian Dalam Negeri.
Setelah selesai dilaksanakan pengumpulan data dan proses input data, dan selanjutnya diverifikasi oleh tim verifikasi tingkat kelurahan, maka pada hari Sabtu, 1 September 2012 oleh Pemerintah Kelurahan Kayawu telah melaksanakan Launching/Peluncuran Database Kelurahan Kayawu yang akan dipergunakan sebagai pedoman dalam penyusunan profil Kelurahan, pengecekan data kependudukan dan data2 lainnya yang berkaitan dengan potensi Kelurahan Kayawu.
c. Program Bhakti Masyarakat
Program tersebut dilaksanakan dalam rangka menunjang program Pemerintah Kota Tomohon dalam bidang Penataan Lingkungan dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemasyarakatan serta Kegiatan Pebangunan. Adapun program yang direkomendasikan oleh Pemerintah Kelurahan Kayawu untuk diselenggarakan adalah Menyelenggarakan kegiatan Peringatan HUT RI ke-67 dengan berbagai jenis kegiatan diantaranya:
- lomba olahraga volly, sepak bola, atletik, gerak jalan dll
- lomba Pawai Pembangunan
- lomba Penataan administrasi Lingkungan
- lomba Penataan Kebersihan Lingkungan
Juga disela acara tersebut telah dilaksanakan penyerahan hadiah pemenang lomba2 yang telah dilaksanakan.
Pada akhirnya seluruh kegiatan ini telah ditutup dan diakhiri dengan harapan kiranhya segala kegiatan yang telah dilaksanakan dapat bermanfaat untuk peningkatan dan percepatan pembangunan di Kelurahan Kayawu.

3 komentar: